-->

Halal! 6 Wisata Islami di Pulau Bali Ini Bikin Hati Damai!


1. Beribadah sambil Berwisata di Puja Mandala

Tempat yang satu ini sangat indah karena meggambarkan kerukunan dan perdamaian. Tempat ibadat umat Muslim, Katolik, Kristen, Hindhu dan Budha berjejer rapi berdampingan di komplek yang satu ini. Berdiri Masjid Ibnu Batutah yang mewakili agama Islam.  Oh iya, di komplek ini juga ada pusat pendidikan dan perpustakaan Al-Quran terbesar di Bali loh! Penasaran kan? Yuk mampir ke Jl. Kuru Setra, Desa Bualu, Nusa Dua.

2. Mengabadikan Cantiknya Desa Candi Kuning Bedugul

Desa yang menawarkan panorama cantik dengan gunung, danau, air terjun hingga kebun raya. Suasana yang asri dan ramah membuat kamu betah berlama-lama disini. Kamu bisa berbincang dan melihat keseharian Komunitas Muslim Kuno di Desa Candi Kuning ini.
candi kuning

3. Menikmati Makanan Khas Bali yang Enak dan HALAL

Bali terkenal dengan beberapa menu andalan seperti nasi bali dengan ayam dan bumbu khas, sate lilit, sayur urap, telur dan makin lengkap dengan sambal matah. Menu tadi dijamin halal dan kamu bisa menikmatinya di beberapa lokasi yang sudah terkenal: Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku (Ubud) dan Warung Nasi ayam Bu Oki (Uluwatu,Jimbaran). Atau kamu suka seafood? Cobain menu ikan di Warung Mak Beng (Sanur). Hmm… Jadi laper!
nasi ayam kedewatan

4. Melihat Rahasia Kampung Gelgel

Kampung yang menjadi lokasi masjid tertua di Bali, yaitu Masjid Nurul Huda. Apa lagi yang spesial? Kamu bisa menemukan mimbar masjid tertua disini, keren banget dan kuat banget kayunya. Di halaman masjid, kamu juga bisa menemukan menara tua yang berdiri tegak setinggi 17 meter. Benar-benar tempat bersejarah yang menarik untuk ditelusuri. Di Kampung Gelgel juga suka diadakan pertunjukan Tari Rudat. Sebuah seni tari yang menggambarkan kedekatan Raja dan prajuritnya ini lekat dengan sejarah keberadaan umat Muslim di Bali pertama kali.
masjid nurul huda

5. Menjalin Persaudaraan di Desa Pengayaman

Banyak aktifitas dan tradisi menarik umat muslim di Desa Pengayaman, Sukasada, Buleleng. Komunitas tersebut dikenal dengan nama Nyama Selam, yang artinya orang-orang Islam yang menjalankan tradisi Bali. Selain berkeliling Desa, kamu juga bisa beribadat di Masjid Jami Safinatussalam, masjid tertua di desa ini, sekaligus bermain bersama anak-anak di Panti Asuhan sekitar desa. Berlibur sambil beramal seru juga kan?
desa pengayaman

6. Menginap di Hotel Syariah

Nah buat kamu yang lebih suka nginep di hotel syariah, untuk daerah Bali, kamu bisa cobain Hotel Bayt Kaboki. Buat yang belum tahu, hotel syariah itu biasanya butuh buku nikah waktu check-in kalau kamu berlibur dengan lawan jenis, non-alkohol dan bebas rokok. Nice!